PKM FKIP DWIJENDRA UNIVERSITY CIPTAKAN BUDAYA BERSIH, KREATIF, DAN INOVATIF DALAM LINGKUNGAN PENDIDIKAN DAN MASYARAKAT

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Dwijendra University mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema “Menciptakan Budaya Bersih, Kreatif, dan Inovatif Dalam Lingkungan Pendidikan dan Masyarakat”. Kegiatan ini merupakan komitmen FKIP Dwijendra University dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), yang merupakan agenda rutin diakhir semester. Kegiatan PkM kali ini bertempat di lingkungan Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung. 

Acara pembukaan dilaksanakan di Wantilan Pura Petitenget, Desa Adat Kerobokan yang diawali dengan sambutan dari Bapak Camat Kuta Utara yang diwakili oleh Ibu Ni Putu Sidiantari D.D. SE., MAP sebagai Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat  dalam sambutannya beliau menyebutkan bahwa kecamatan Kuta Utara telah menerima kegiatan ini dan mengucapkan terimakasih karena telah memilih Kecamatan Kuta Utara sebagai tempat PkM. Dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Yayasan Dwijendra, Bapak Dr. I Nyoman Satia Negara, S.H., M.H. Pada sambutannya beliau menyebutkan bahwasannya budaya bersih, kreatif dan inovatif merupakan suatu proses dalam kehidupan manusia dan beliau juga mengucapkan apresiasi kepada tim FKIP yang telah mengajak untuk menciptakan suasana yang bersih tanpa maksud menggurui. 

Acara dibuka oleh Rektor Dwijendra University, Prof. Dr. Ir. Gede Sedana, M.Sc., M.M.A. Dalam sambutannya beliau mengucapkan banyak terima kasih kerena telah menerima dosen dan mahasiswa FKIP untuk melaksanakan kegiatan PkM ini. Selain itu dalam sambutannya beliau juga menyebutkan bahwa, “Bersih diri, bersih lingkungan, bersih keluarga tidak semata-mata dilihat dari fisik”. 

Tindak lanjut yang langsung direalisasikan dari kerja sama ini yaitu; Kegiatan Penyuluhan kepada PKK Kelurahan Kerobokan Kelod dengan tema “Kesehatan Perempuan: Cek Rutin Screening Kanker Serviks” di Kecamatan Kuta Utara,  Kabupaten Badung oleh Ibu Bdn. Ni Made Rai Widiastiti, S.St., M. Kes. 

Kemudian ada pula kegiatan Beach Clean Up Pantai Petitenget yang merupakan kolaborasi BEM FKIP Dwijendra University dan Malu Dong Buang Sampah Community. Dari kegiatan ini, FKIP dan Malu Dong Buang Sampah Community mengajak mahasiswa dan dosen untuk bersama-sama membersihkan pantai petitenget agar meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan pantai dan mengurangi pencemaran pantai oleh sampah-sampah plastik dan limbah lainnya untuk mendukung pemulihan ekosistem laut yang sehat. 

Kegiatan Penguatan Literasi di sekolah dasar yang akan dilaksanakan pada 08 Juli 2024 dengan Narasumber yaitu, Bapak I Ketut Suwastawa, S.Pd., M.Pd.(Korwil Disdikpora Kecamatan Kuta Utara) dan Bapak Dr. I Ketut Suar Adnyana, M.Hum. (Dosen FKIP Dwijendra University). Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan guru sekolah dasar dalam mengajar dan mendidik siswa dengan lebih efektif dan inovatif serta meningkatkan tingkat literasi siswa di tingkat dasar. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *