MENGEMBANGKAN RPS BERBASIS DIGITAL, PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS MENYELENGGARAKAN LOKAKARYA

Denpasar | Dwijendra University

Rabu, 05 Juni 2024, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Dwijendra menyelenggarakan lokakarya Pengembangan dan Perancangan Rencana Pembelajaran Semester Matakuliah Pengembangan Kurikulum berbasis digital. Kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 10.00 wita yang bertempat di Ruang Rapat Rektorat Universitas Dwijendra yang berlangsung selama 2 jam.

Lokakarya tersebut dibuka oleh Dekan FKIP, Universitas Dwijendra, Dr. I Wayan Aryawan, S.Si., M.Pd. Kegiatan tersebut di fasilitasi oleh Rektor Universitas Dwijendra, Prof. Dr. Ir. Gede Sedana, M.Sc., M.M.A. Dalam kegiatan tersebut, fasilitator menjabarkan esensi dan dasar-dasar pengembangan RPS khususnya RPS berbasis digital yang akan dikembangkan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris.

“Dalam mengembangkan RPS, kita perlu menerapkan pola berpikir strategis atau strategic thinking untuk mencapai learning outcome yang kita harapkan” tutur beliau. Pola berpikir strategis merupakan suatu rangkaian berpikir sistematis yang memiliki satu tujuan pasti yang ingin dicapai dimana kemudian dirancang strategi-strategi dalam mencapai tujuan tersebut.

Prof. Sedana menambahkan dalam perancangan RPS berbasis digital penting untuk memperhatikan pembelajaran yang digunakan, seperti: Discovery/Inquiry Learning, Problem-based Learning/PBL, Project-based Learning, dan Self Directed Learning. Hal tersebut guna menjamin pengalaman belajar yang bermakna dan menyesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa.

Kegiatan ini diharapkan mampu memfasilitasi dosen-dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, khususnya dosen pengampu matakuliah Pengembangan Kurikulum. Luaran yang diharapkan adalah RPS Matakuliah Pengembangan Kurikulum berbasis digital yang inovatif dan interaktif.

DS007

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *