JTV (Jawa Timur Televisi) Menjadi Kunjungan Industri Komunikasi FIKOMBIS Dwijendra University

Surabaya, 16 Februari 2024 | JTV (Jawa Timur Televisi) adalah sebuah jaringan televisi regional di Surabaya, Jawa Timur. dan televisi swasta regional pertama di Indonesia sekaligus yang terbesar di Indonesia hingga saat ini. Jangkauan JTV bukan diseluruh provinsi Jawa Timur saja  termasuk di  seluruh Indonesia, bahkan jangkauannya sampai Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina dan sebagian Australia dengan parabola melalui satelit Telkom-4, dan sejumlah televisi berlangganan.

JTV menjadi tujuan kunjungan industri oleh Fakultas Ilmu Komunikasi dan Bisnis Dwijendra University dalam program Kuliah Kerja Profesi (KKP) yang berada di Surabaya Jawa Timur. Kehadiran mahasiswa Fikombis yang berjumlah 30 mahasiswa dengan 3 dosen pembimbing dan  didampingi oleh Rektor Dwijendra University, Dekan, Wakil Dekan, dan Kaprodi FIKOMBIS Dwijendra University

Dalam kunjungan tersebut  disambut hangat oleh Program Directur JTV  Bapak Abdul Rokhim beserta jajarannya.

Mahasiswa diberikan pengalaman yang luar biasa dalam melihat produksi program siaran TV lokal JTV yang didominasi dengan menggunakan bahasa Jawa Timur. Mahasiswa juga diberikan kesempatan membacakan naskah berita pada prompter, menjadi editor, melihat ruangan produksi program siaran, melihat proses Voice Over berita dalam JTV.

Dalam kesempatannya Rektor Dwijendra University Prof. Dr. Ir. Gede Sedana, M.Sc.,M.M.A menyampaikan bahwa kunjungan industri ini bermanfaat bagi mahasiswa dalam menambah wawasan dalam dunia media massa Televisi, kunjungan ini juga diharapkan dapat menginspirasi mahasiswa dalam melanjutkan kreativitas yang sebelumnya sudah sering dilakukan dalam pembuatan konten program audio visual agar dapat  pengalaman dan pembelajaran agar lebih baik variatif kedepannya.

Sedangkan Dekan FIKOMBIS Dwijendra University Drs. I Made Sutika.,M.Si menyampaikan kunjungan industri ini  dilakukan di JTV karena Bali juga memiliki Televisi lokal, maka dari itu kunjungan ini dapat menjadikan terbukanya wawasan bahwa setiap media massa memiliki ciri khasnya atau karakteristik  masing-masing namun tetap memiliki tujuan yang sama yaitu menginformasi, mendidik, dan menghibur.

Salah satu mahasiswa peserta Kuliah Kerja Profesi (KKP) I Made Andika Pradestya mengungkapkan sangat terkesan dan bangga bisa hadir ke Provinsi luar Bali dalam kunjungan industri komunikasi dan bisa mendapatkan pengalaman bagaimana proses dibalik layar produksi program acara televisi diluar Bali. (Fikombis)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *