REKTOR DWIJENDRA UNIVERSITY  BERIKAN PELATIHAN SDM KEPADA PIMPINAN  DAN STAF APORTIL, TIMOR LESTE

Denpasar/Sunarpos.com

Peningkatan kapasitas sumber daya manusia merupakan salah satu faktor penting di dalam meningkatkan kinerja organisasi atau institusi baik di pemerintahan maupun non-pemerintahan. Demikian disampaikan oleh Rektor Dwijendra University, Prof. Dr. Ir. Gede Sedana, M.Sc.MMA. saat menyampaikan paparannya dalam pelatihan mengenai Manajemen Sumber Daya Manusia dihadapan pimpinan dan staf Autoridade Portuáriu Timor-Leste (APORTIL) yang diselenggarakan oleh Landi Institute dan Dwijendra University di Bali Dinasty Hotel, sejak tanggal 18-29 Desember 2023.p

Aportil merupakan lembaga pemerintah otonom yang memiliki tanggung jawab dalam  pengelolaan Pelabuhan Laut di Dili. Sedana dalam pelatihan tersebut menyampaikan materi tentang manajemen di pelabuhan yang memiliki multi-fungsi seperti angkutan penumpang, peti kemas, cargo, bahan bakar dan aktivitas ekonomi lainnya. Selain manajemen pelabuhan, materi yang dipresentasikan oleh Sedana adalah berkenaan dengan human resources management, leadership, dan effective communication. Pendekatan pelatihan yang diterapkan adalah interactive learning process dan disertai dengan berbagai pengalaman yang terjadi di tempat lain. Tujuannya adalah agar para peserta dapat memahami dan mampu menganalisis serta memberikan kajian-kajian terhadap berbagai kemungkinan yang akan terjadi. Selain itu, para peserta diharapkan dapat menjadi subyek yang aktif dalam setiap sesi dari masing-masing materi, ungkap Sedana.

Direktur Landi Institute, Smith Ndila mengungkapkan bahwa kerja sama dengan Dwijendra University yang telah dibangun selama kurang lebih 13 tahun telah memberikan manfaat secara bersama-sama khususnya dalam transfer of knowledge dan share of knowledge and experiences bagi para peserta pelatihan. Guna membuka dan memberikan tambahan wawasan, peserta pelatihan juga diajak ke lokasi pelabuhan yaitu Pelabuhan Benoa, Denpasar. (Maulin).

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *