Tingkatkan Skills Public Relations,  FikomBis Dwijendra University  Gelar Seminar Kehumasan

SunarPos, Denpasar 11 Oktober 2023 | Fakultas Ilmu Komunikasi Dwijendra University tiada henti meningkatakan kualitas kompetensi komunikasi para mahasiswanya. Kini mahasiswa diberi penguatan skills Public Relations  melalui seminar Kehumasan, yang digelar Rabu (11/10/2023) di Aula Udyana Shanti Yayasan Dwijendra Denpasar.

Seminar yang mengusung tema “Mengembangkan Kompetensi Humas yang Strategis dan Terintegrasi antarsektor Menuju Revolusi Industri 5.0”, menghadirkan narasumber I Dewa Gede Mahendra Putra,S.H.,M.H., asisten pemerintahan dan Kesra Provinsi Bali dan Rektor Dwijendra University Prof.Dr. Ir Gede Sedana, M.Sc., M.M.A. Seminar dipandu langsung oleh Dekan FikomBis Drs I Made Sutika, M.Si.

Revolusi Industri 5.0 telah tiba dengan segala perubahan yang revolusioner. Bukan lagi hanya tentang teknologi tinggi, melainkan juga tentang integrasi  yang lebih mendalam antara teknologi, manusia, dan sektor-sektor ekonomi. Pada era ini , peran Humas (Public Relations) menjadi semakin penting dalam menghubungkan organisasi dengan masyarakat, pemerintah dan sektor-sektor lainnya. Untuk memaksimalkan dampaknya diperlukan pengembangan kompetensi humas yang strategis dan terintegrasi antarsektor.

“Revolusi industri 5.0 menghadirkan tranformasi yang signifikan dalam berbagai sektor, seperti manufaktur, kesehatan, tranportasi, dan pendidikan. Humas perlu memahami  perubahan ini secara mendalam”, ujar Dewa Gede Mahendra, mantan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Bali.

Sementara itu Rektor Dwijendra University sangat menekankan kompetensi humas yang harus dikuasai adalah; membangun kepercayaan, meningkatkan keterampilan komunikasi, meningkatkan visual skills, kemampuan beradaptasi dan kreatif,  meningkatkan kemampuan menggiring opini, keterampilan manajemen SDM, penguasaan bahasa asing , menguasai big data dan menguasai media sosial.

Drs Made Sutika, M.Si, mengatakan bahwa salah satu produk komunikasi adalah humas. Karena itu sangat penting memahami konsep humas dari praktisi dan akademisi. “seminar ini diharapkan memberi gambaran bagi mahasiswa baru tentang salah satu peranan penting yang dihasilkan dari ilmu komunikasi “, harap dekan FikomBis Undwi disela memandu kegiatan seminar.

Gelaran seminar ini disambut antusias peserta yang diikuti oleh sekitar 60  mahasiswa semester satu dan tiga,  serta para dosen bidang kehumasan FikomBis Dwijendra University ( TimpubdokFikombis)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *