Eksplorasi Pengobatan Herbal Berbasis Lontar Usadha, Finalis Miss Japan 2009 Kunjungi Dwijendra University

Sunarpos.com| Denpasar| Marie Igarashi Muta merupakan Finalis Miss Japan 2009 melakukan kunjungan  ke kampus Dwijendra University yang beralamat di Jalan Kamboja No.17 Denpasar. Marie-san, yang memiliki dedikasi tinggi terhadap kesehatan dan kelestarian budaya, berkunjung ke Dwijendra University bertujuan untuk mempelajari metode pengobatan herbal yang berdasarkan atas Lontar Usadha yang tersimpan di Perpustakaan Lontar Dwijendra.

Dalam kunjungannya, Marie-san disambut oleh  Dekan Fakultas Pertanian dan Bisnis,

Dr. Ni Made Intan Maulina, S.P., M.P., beserta dosen dan pewagawai perpustakaan lontar Dwijendra. Kegiatan dimulai dengan kunjungan Marie-san ke Perpustakaan Lontar Dwijendra, dan diperkenalkan  secara langsung tetang  Lontar Usadha. Lontar ini merupakan salah satu naskah kuno yang memuat pengetahuan tentang pengobatan tradisional Bali. Selain itu, Marie-san  juga ditunjukan berbagai hasil olahan dari berbagai bahan herbal seperti jahe, kunyit, temulawak, dan lain sebagainya yang ditanam di kebun Fakultas Pertanian dan Bisnis, Universitas Dwijendra.

“Pengelolaan berbagai bahan herbal hasil kebun ini merupakan kreasi dari inkubator bisnis yang kami miliki, sebagai salah satu upaya universitas dalam mempromosikan pengobatan herbal tradisional Bali dan mendorong masyarakat untuk memelihara dan menjaga warisan budaya Bali”, ujar Intan Maulin.

Agenda selanjutnya dari Marie-san dalam kunjungan ini adalah menuju Kabupaten Gianyar untuk melihat salah satu lahan binaan Fakultas Pertanian dan Bisnis, yang akan digunakan sebagai areal penanaman berbagai jenis jahe. Marie-san berharap dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses penanaman dan pengelolaan tanaman herbal ini, serta memberikan dukungan terhadap upaya universitas dalam mempromosikan pengobatan herbal tradisional. [Win]

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *