Tanem-Tanem Panen

sunarpos.com/denpasar

Hidroponik adalah teknik menanam tanpa menggunakan media tanah. Akan tetapi mengalirkan nutrisi ke tanaman melalui zat cair yang mengandung unsur hara.Bagi Anda yang akrab dengan dunia budidaya tanaman, tentunya sudah sering mendengar istilah hidroponik. Saat ini semakin banyak orang mulai menggeluti hobi bercocok tanam.Hal tersebut tidak lepas dari banyaknya manfaat yang dapat diperoleh dari hobi tersebut. Misalnya membuat pikiran lebih fresh hingga mendapatkan pemasukan tambahan lewat bisnis menjual tanaman.Tren bercocok tanam terkadang sulit dilakukan oleh masyarakat urban yang tidak memiliki lahan memadai. Namun fenomena tersebut tidak perlu menjadi hambatan lagi karena Anda dapat menggunakan sistem tanam tanpa tanah.

Baru belajar menanam kok mati-mati terus, itu adalah permasalahan yang sering kami dengar dari kawan-kawan yang memulai menanam secara hidroponik. Hal ini mungkin disebabkan karena pada awal menanam hidroponik, kita sering menanam berbagai jenis tanaman yang unik-unik dan aneh-aneh, agar terlihat banyak menanam. Padahal sadar gak sadar ini adalah alasan penyebab kita sering gagal menanam pada saat awal-awal ingin berkebun. Sehingga pada akhirnya kita malas untuk berkebun. Perlu kita ketahui, setiap tanaman memiliki memiliki karekteristik dan tingkat kesulitan penanaman yang berbeda-beda. Sehingga ketika awal menanam lebih baik memilih tanaman yang mudah dulu seperti sawi, pakcoy, kangkung, bayam, dan selada.

Tanam-tanam menggunakan Hidroponik ini sebenarnya bisa tidak harus menggunkan atap atau greenhouse. Sebenarnya bisa menaruh di luar yang langsung terkena sinar matahari.Taruh dihalaman juga bisa, asal tidak diganggu oleh hewan peliharaan.Yang terpenting tanaman mendapatkan sinar matahari langsung. Dengan cara apapun tanaman dibudidayakan tetap saja membutuhkan cahaya matahari setiap harinya untuk proses fotosintetis, agar pertumbuhan tanaman optimal. Begitu juga dengan sistem hidroponik

Penulis Mahasiswa Agroteknologi FPB Undwi

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *