Resmi Dilantik, Pengurus HDPGSDI Wilayah IV masa bakti 2022-2026 langsung ‘Menggebrak’

Sunarpos.com| Mangupura| Himpunan Dosen PGSD Indonesia (HDPGSDI) Wilayah IV resmi dilantik pada tanggal 7 Januari 2023, di Ballroom Hotel Puri Saron Seminyak. Sebanyak 43 orang dosen PGSD dinyatakan sah sebagai Pengurus HDPGSDI Wilayah IV masa bakti 2022-2026 setelah mengucap sumpah, dan menerima SK Kepengurusan.

HDPGSDI adalah asosiasi atau perkumpulan Dosen PGSD Indonesia yang memiliki tujuan untuk menumbuhkembangkan profesi pada bidang Pendidikan Dasar di Indonesia. HDPGSDI Wilayah IV merupakan salah satu dari empat wilayah kerja HDPGSDI yang menghimpun para dosen PGSD di wilayah Bali, NTB, NTT, maluku, papua, dan sekitarnya. Guna tetap menjaga semangat pengembangan profesi bidang PGSD di Wilayah IV, suksesi kepengurusan diinisiasi sejak berakhirnya masa jabatan dan laporan pertanggungjawaban kepengurusan sebelumnya.
Dr. I Gede Margunayasa, S.Pd., M.Pd. dari Universitas Pendidikan Ganesha terpilih menjadi Ketua HDPGSDI Wilayah IV masa bakti 2022-2026 melalui musyawarah mufakat yang berlangsung di Denpasar pada tanggal 3 Desember 2022. Dalam menjalankan tugasnya, Gede Margunayasa dibantu oleh Dr. Kadek Prima Dewi PF., S.Ag., M.Pd. (UHN I Gusti Bagus Sugriwa) sebagai wakil ketua, Ni Nyoman Kurnia Wati, M.Pd. (STAHN Mpu Kuturan Singaraja) sebagai sekretaris 1, I Made Aditya Dharma, S.Pd., M.Pd. (Universitas Triatma Mulya) sebagai sekretaris 2, Dewa Ayu Made Manu Okta P., S.Pd., M.Pd. (Universitas Dwijendra) sebagai bendahara, dan 38 anggota lainnya yang terbagi ke dalam 4 bidang kerja dan 6 koordinator wilayah.
Kegiatan pelantikan yang berlangsung secara hybrid ini diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Ketua Umum HDPGSDI Nomor 052/HDPGSDI/SK/XII/2022 tentang Pengurus Wilayah IV HDPGSDI Masa Bakti 2022-2026 oleh Sekretaris Umum HDPGSDI, Farid Ahmadi, M.Kom., Ph.D. Kemudian seluruh pengurus diambil sumpah, serta dilantik secara resmi oleh Ketua Umum HDPGSDI, Dr. Widya Karmila Sari Ahmad, M.Pd. SK kepengurusan kemudian diserahkan kepada masing-masing pengurus oleh Ketua Umum, disaksikan oleh sekretaris dan bendahara umum HDPGSDI. Setelah resmi dilantik, pengurus HDPGSDI Wilayah IV masa bakti 2022-2026 langsung melaksanakan Rapat Kerja pada waktu dan tempat yang sama.

Beberapa program kerja strategis selama satu periode kepengurusan berhasil disusun dan disepakati bersama seluruh pengurus. Mulai dari workshop dan pelatihan bagi dosen, inisiasi kerjasama pada bidang penelitian dan P2M, penguatan dan implementasi kerjasama antar prodi, publikasi bersama, hingga ke FGD terkait akreditasi dan penjaminan mutu prodi PGSD. Program kerja tersebut mendapat respon positif dan dukungan dari Ketua Umum HDPGSDI. Menurutnya, program kerja tersebut sudah sejalan dengan program kerja HDPGSDI pusat. Hal yang juga ditekankan beliau adalah agar HDPGSDI Wilayah IV mampu membangun sinergi untuk memfasilitasi kenaikan jabatan fungsional dosen PGSD di wilayah IV, baik ke lektor kepala dan guru besar.
Serangkaian kegiatan terebut pula, dilaksanakan program kerja pertama yakni FGD bertajuk “Strategi Prodi Pendidikan Meraih Akreditasi Unggul pada Lembaga Akreditasi Mandiri (LAMDIK)”. FGD ini difasilitasi langsung oleh Ketua HDPGSDI Wilayah IV, yang juga merupakan Asesor Lamdik. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, dan diikuti oleh para perwakilan prodi-prodi pendidikan dari Perguran Tinggi wilayah Bali dan sekitarnya. Diskusi berlangsung menarik dan dalam suasana keakraban yang kental. Melalui FGD ini, diharapkan para peserta memperoleh wawasan dan strategi guna memaksimalkan persiapan akreditasi maupun re-akreditasi prodinya masing-masing. Pada pengujung acara, dilaksanakan penandatanganan PKS antara prodi-prodi PGSD di Wilayah IV, dan HDPGSDI Wilayah IV. Sebanyak 14 prodi PGSD dari beberapa Perguruan Tinggi secara sah mengikat komitmen kerjasama melalui PKS tersebut. (Dwicky)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *