PENTINGNYA PERENCANAAN USAHA BAGI PELAKU BISNIS

Sunarpos.com/Denpasar

Minimnya jumlah lapangan kerja dibandingkan dengan jumlah tenaga kerja yang ada membuat banyak orang memilih membuka lapangan pekerjaan sendiri sebagai wirausahawan.Sehingga dapat dikatakan bahwa orang-orang yang memilih pekerjaan sebagai wirausahawan untuk dapat sukses dalam usahanya harus memiliki jiwa kewirausahaan. Namun jiwa kewirausahaan bukanlah jaminan keberhasilan suatu kegiatan bisnis (usaha), melainkan menjadi prasyarat yang harus dipenuhi.  Dapat disimpulkan kata kunci untuk jiwa kewirausahaan adalah berani, kreatif dan inovatif. 

Kata berani mengandung arti berani menghadapi segala resiko yang ada, keberanian ini muncul karena sebelumnya wirausahawan telah melihat dan memikirkan kemungkinan peluang serta ancaman dan secara kreatif mengatasi ancaman tersebut sehingga memperoleh keputusan yang terbaik dalam usahanya.  Sedangkan kreatif merupakan kemampuan melihat sesuatu yang biasa dengan cara yang tidak biasa disertai dengan imajinasi dan pemikiran ilmiah, dalam rangka mencari atau menciptakan gagasan baru yang mampu menelurkan hasil yang berbeda dengan yang sudah ada, namum bisa dipraktikan dan digunakan.  Dengan kata lain kreatif adalah kemampuan untuk membuat sesuatu menjadi ada dan bersifat unik dimana berasal dari orisinilitas pemikiran yang umumnya tidak muncul dengan cara yang biasa.  Dan sifat kreatif biasanya akan memunculkan adanya inovasi.  Inovasi adalah adopsi sebuah praktek, proses, atau paradigma baru oleh sebuah komunitas – tidak hanya sebuah produk atau jasa baru.  Inovasi juga dapat berupa proses adaptasi, pengaturan atau percepatan dari hal yang telah ada dengan tujuan memberikan nilai tambah.  Sedangkan inovatif merupakan kemampuan untuk melakukan inovasi.

Seorang wirausahawan pemula biasanya mebih memilih berkecimpung pada usaha kecil mikro (UKM).UKM dinilai sebagai sektor yang strategis bagi wirausaha pemula karena modalnya tidak terlalu banyak dan objeknya pun kebutuhan-kebutuhan dasar masyarakat.  Sehingga lingkungan bisnisnya pun tidak terlalu kompleks.  Itulah penyebab menjamurnya usaha kecil mikro baik di daerah pedesaan ataupun perkotaan.  Untuk memiliki suatu usaha seorang wirausahawan pemula dapat memperoleh dengan membangun usaha baru, membeli usaha yang telah ada, menjalankan usaha keluarga, atau membangun usaha pada industri yang telah ada.  Namun apapun pilihan usaha yang ingin miliki, ada satu langkah penting yang harus dilakukan dalam memulai suatu usaha yaitu membuat perencanaan usaha.

Sebelum seseorang memulai usaha, sangatlah penting untuk memiliki perencanaan usaha yang baik. Hal itu disebabkan oleh perlunya seseorang yang akan memulai usaha mengetahui apakah peluang usaha yang sedang mereka rencanakan itu memang berpotensi untuk memberikan keuntungan atau tidak. Sehingga terdapat gambaran tentang peluang usaha yang akan mereka jalani.  Di samping itu, perencanaan bisnis juga penting untuk membantu seseorang yang akan memulai usaha untuk mengenali berbagai aspek dari bisnis tersebut. Seperti misalnya ada hal-hal tertentu yang tidak mereka antisipasi, dan juga masalah yang sebelumnya tidak mereka ketahui.  Sehingga perencanaan yang baik dapat membantu para calon wirausahawan untuk mengatasi semua ini dan juga dengan adanya perencanaan mereka dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Pada umumnya UKM memulai suatu usahanya tidak dilandasi adanya perencanaan yang baik. Apabila UKM memiliki perencanaan biasanya hanya dalam pemikirannya saja, jarang mereka menuangkannya dalam perencanaan tertulis, sehingga sulit bagi mereka untuk mengevaluasi dan mencari solusi untuk menghadapi permasalahan yang mungkin timbul. Padahal seharusnya meskipun UKM menjalankan usaha dengan sederhana tetapi untuk dapat mencapai tujuan usaha (memperoleh keuntungan dengan mengefisienkan sumberdaya yang dimiliki) maka sebaiknya mereka membuat suatu perencanaan dalam menjalankan usahanya.

*) Penulis

PRISKO AMONIUS KAJA

Mahasiswa Prodi  Agroteknologi, Fakultas  Pertanian dan Bisnis Dwijendra University

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *