Pengabdian di Desa Keliki, FKIP Ingin Berkontribusi dalam mewujudkan Desa Wista

Sunarpos.com.| Gianyar – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Dwijendra University menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Keliki, Kecamatan Tegalalang, Kabupaten Gianyar pada Rabu, (7/12/2022). Pengabdian masyarakat ini diawali dengan pembukaan oleh Dekan FKIP, Bapak Dr. Drs. I Made Kartika, M.Si. Dipilihnya Desa Keliki sebagai tempat pelaksanaan PKM tahun ini, tidak terlepas dari bentuk dukungan FKIP terhadap program pemerintah Desa Keliki menuju Desa Wisata.

“Pada kesempatan ini, kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak Kepala Desa Keliki dan jajaran yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk melaksankan PKM di sini. Kami melihat potensi Desa Keliki sangat besar untuk di kembangakan, dan kami ingin berkontribusi dalam mewujudkan Desa Keliki sebgai desa wisata seperti program yang dicanangkan oleh Bapak Kepala Desa”, ungkap Made Kartika.   

Kegiatan PKM di Desa Keliki mengakat tema “Mewujudkan Masyarakat Desa Keliki yang Kreatif, Inovatif dan Berbudaya”, sehingga fokus dari kegiatan pengadian ini adalah peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Desa Keliki. FKIP Dwijendra University yang memiliki empat program studi,yaitu : Prodi PGSD, Prodi PPKn, Prodi Bahsa Inggris dan Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah menjadi motor penggerakan kegitan tersbut. Ketua Panitia PKM, Bapak Dr. Ida Bagus Wisnu Partha, S.S., M.Hum mengungkapkan telah menyiapkan beberapa jenis kegiatan dalam upaya peningkatan SDM di Desa Keliki.  

“Hari ini merupakn acara pembukaan PKM FKIP di Desa Keliki, yang selanjutkan akan disi dua kegiatan di tempat berbeda. Dua kegiatan yang dimaksud, ada kegiatan Pelatihan bahasa Inggris bagi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Keliki di Wantilan oleh Program Studi Bahasa Inggris dan Pelatihan bagi guru-guru SD dilingkungan Desa Keliki di Aula Kantor Desa terkait Implementasi Kurikulum Medeka di SD oleh Prodi PGSD. Kedepannya, Kegiatan PKM ini akan dilakukan secara berkesinambungan yang menyasar kelompok-kelompok masyarakat lainnya”, Jelas Wisnu.

Pihak yang turut serta hadir dalam kegiatan pembukaan PKM ini diantaranya Dekan, Wakil Dekan, Kapodi, Dosen dan Tenaga Kependidikan FKIP, Bendesa Adat, Kepala Desa Keliki, BPD, POkdarwis, guru-guru SD, Pengelola BUMDes serta perangkat Desa Keliki.

Kepala Desa Keliki, Bapak Ketut Wita sangat mengapresiasi FKIP Dwijendra yang telah memilih dan membantu Desa Keliki dalam menyukseskan program-program yang telah direncakan. Pihaknya juga berharap, dengan adanya proram PKM ini dapat mempercepat akslerasi program desa wisata yang digagasnya. [Win]     

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *