Fakultas Pertanian Dan Bisnis Dwijendra University Dukung Pengendalian Penyakit Mulut Dan Kuku Di Desa Medahan Gianyar

Sunarpos.com| Gianyar|  Fakultas Pertanian dan Bisnis (FPB)  Dwijendra University bersama dengan  dengan  Dinas Pertanian   yang diwakili oleh  UPTD PUSKESWAN III Kabupaten Gianyar Gianyar melakukan pengabdian kepada masyarakat di Desa Medahan, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar. Kegiatan pengabdian masyarakat kali ini berupa kegiatan vaksinasi lanjutan tahap kedua menyasar  ternak sapi yang dimiliki oleh kelompok tani ataupun petani-petani perorangan dengan mengunjungi langsung ke lokasi petani peternak.

 Kegiatan  Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan pada hari Jumat  tanggal 5 Agustus 2022 adalah merupakan pengabdian masyarakat yang ketiga kalinya yang dilakukan oleh Fakultas Pertanian dan Bisnis Dwijendra University di Kabupaten Gianyar terkait dengan pengendalian penyakit Mulut dan Kuku (PMK) , yang pertama dilakukan di Desa Keramas  bekerjasama dengan UPTD PUSKESWAN III Kabupaten Gianyar, HKTI DPD Bali, HKTI Kabupaten Gianyar dan juga menggendeng Eco Enzyme Nusantara berupa edukasi kepada petani peternak kambing  tentang Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), edukasi tentang pentingnya sanitasi kandang dan lingkungannya  dan pengabdian yang kedua kalinya dilakukan di Desa Medahan berupa penyemprotan Eco Enzyme dan vaksinasi pada ternak sapi bersama-sama dengan UPTD PUSKESWAN III Kabupaten Gianyar,  Polres Gianyar, BPDB Kabupaten Gianyar,  DPD HKTI  Bali, HKTI Kabupaten Gianyardan Eco Enzyme Nusantara serta dosen dan mahasiswa Fakultas Pertanian dan Bisnis Dwijendra University.

Pengabdian kepada masyarakat yang berkelanjutan ini dilakukan  sebagai bentuk komitmen dari lembaga untuk mendukung pemerintah dalam mencegah dan menanggulangi penyebaran  wabah Penyakit Mulut dan Kuku  (PMK) di Kabupaten Gianyar khususnya di Desa Medahan.  Penyakit Mulut    dan  Kuku   (PMK) yang menyerang ternak diantaranya menyerang  ternak sapi dan kambing yang  disebabkan oleh virus Tipe A dari Picornaviridae  merupakan penyakit yang penularannya sangat cepat. Pemberian vaksin kepada ternak   dapat mencegah ternak tertular dari virus karena dengan pemberian vaksin  ternak akan memiliki kekebalan terhadap penyakit PMK.

Pengabdian kepada Masyarakat  bersama   UPTD PUSKESWAN III Kabupaten Gianyar yang diwakili Nyoman Arya Dharma, diikuti dosen dan mahasiswa dari Prodi Agribisnis dan Prodi Agroteknologi  FPB Dwijendra Uiversity, mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Hewan  Universitas Udayana  Petani Peternak dihadiri juga  oleh Dekan Fakultas Pertanian dan Bisnis, Dr. Ir. Ni Ketut Karyati, M.P. didampingi para Kaprodi Ni Made Mika Mega Astuthi, S.P.,M.P. dan Ayu Charisma Julia Dewi, S.P.,M.P.

Di sela-sela kegiatan vaksinasi yang dilakukan, selain ikut bersama-sama memberikan vaksin pada ternak sapi,  Karyati  juga selalu mengingatkan kepada petani tentang pentingnya menjaga  kebersihan lingkungan kandang dan menjaga kesehatan ternak dengan pemberian pakan yang baik dan bergizi sehingga ternak lebih mampu bertahan terhadap serangan penyakit.   

Di tengah-tengah  persiapan kegiatan vaksinasi  di halaman Kator Kepala Desa, Kepala Desa Medahan Wayan Buana,  sangat  mengapresiasi kegiatan yang dilakukan,             dan juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah  membantu dan  terlibat dalam kegiatan vaksinasi sehingga ke depan seluruh ternak sapi sudah mendapatkan vaksin tahap satu dan dua. Sebelum terjun ke lapangan melakukan kegiatan vaksinasi, tim  diberikan arahan teknis terkait vaksinasi oleh Dokter hewan  Nyoman Arya Dharma

Petani peternak yang didatangi ke kandang- kandang mereka mengikuti kegiatan dengan sangat   semangat membantu kegiatan vaksinasi dan  berdiskusi terkait dengan  PMK , Dekan  Ketut Karyati di hadapan para peternak selain memberikan edukasi terkait Penyakit  Mulut dan Kuku ,  Karyati juga memberikan support kepada para peternak untuk tidak panik dalam menghadapi penyakit PMK ,  dan apabila ternaknya ada gejala terinfveksi segera diberikan antibiotika dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter hewan setempat.

Rektor Dwijendra University Dr. Ir. Gede Sedana M.Sc. M.M.A yang juga sebagai Ketua HKTI DPD Bali  selalu memberikan dukungan kepada Fakultas Pertanian dan Bisnis dalam melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, Rektor yang memiliki komitmen yang sangat kuat dalam membangun dan memajukan pertanian  di Bali khususnya  menyampaikan pesan agar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dilakukan secara berkelanjutan dalam upaya  membantu masyarakat dalam memecahkan masalah-masalah yang dihadapi khususnya  terkait masalah dibidang pertanian dan membantu mencarikan solusi-solusi  melalui perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang senantiasa berkembang. [Kar]

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *